KETAHANAN NASIONAL DAN RESTORASI KONSTITUSI

(Oleh Prof. Dimyati Hartono, SH)

TENTANG GERAKAN POLITIK

  1. MEMPELAJARI REFORMASI JANGAN SEPOTONG-SEPOTONG, HARUS MENYELURUH DARI AWAL SAMPAI MENGERTI.
  2. LATAR BELAKANG ADANYA GERAKAN REFORMASI DI INDONESIA
  3. BUKAN ASLI HASIL PEMIKIRAN PUTRA/PUTRI INDONESIA SENDIRI TETAPI DI BELAKANGNYA ADA SPONSOR DARI ASING YANG MENGUMPULKAN TOKOH-TOKOH POLITIK (CENDIKIAWAN) DI LINGKUNGAN PEMERINTAHAN, PERGURUAN TINGGI DAN JUGA KALANGAN MILITER, DENGAN TUJUAN YANG JELAS. KARENA ITU GERAKAN POLITIK KAUM REFORMASI TIDAK HANYA MELAKUKAN INTRIK POLITIK TETAPI DAPAT DISEBUT MELAKUKAN INFASI POLITIK DENGAN TUJUAN MELAKUKAN PERUBAHAN TERHADAP UNDANG-UNDANG ASAR WALAUPUN PADA AWALNYA MENYATAKAN AKAN MELAKUKAN REFORMASI DALAM ARTI MEMPERBAIKI (TO REFORM), PRAKTEK PENYELENGARAAN PRAKTEK NEGARA YANG SALAH
  4. MEREKA TIDAK BERANI MELAKUKAN SECARA TERANG-TERANGAN PERUBAHAN TERHADAP PANCASILA BERDASARKAN PENGALAMAN SEJARAH SEJAK TAHUN 1945 SELALU GAGAL.
  5. DARI BUKTI-BUKTI YANG ADA, GERAKAN POLITIK REFORMASI DI INDONESIA DI SPONSORI OLEH KEKUATAN POLITIK OLEH AMERIKA YAITU NDI (NASIONAL DEMOCRATIC INSTITUTE) YANG MEMANG SUDAH LAMA BEKERJA SAMA DENGAN AMERIKA. NDI ADALAH ORGANISASI DARI KEKUATAN POLITIK YANG BESAR DI AMERIKA YAITU PARTAI POLITIK DEMOKRAT YANG BERGABUNG DI BELAKANGNYA. PERUSAHAAN-PERUSAHAAN MINYAK RAKSASA DARI AMERIKA MEREKA BERGABUNG MEMBIAYAI NDI UNTUK MENJALANKAN PROGRAMNYA YANG DISEBUT GLOBAL REFORMASI. KARNA ITU MEREKA KITA SEBUT ENGLO SECTION GLOBAL KAPITALIS. PROGRAM BESAR DI INDONESIA ADA 3 :
  6. JUDICIAL REFORM YANG MENGHASILKAN MAHKAMAH KONSTITUSI.
  7. DEMOCRATIC REFORM YANG MENGHASILKAN PERUBAHAN SISTEM PEMILIHAN UMUM. INI PERUBAHAN MENDASAR DALAM SISTEM KETAHANAN NEGARA KITA ANTARA PEMBUKAAN, BATANG TUBUH, DAN UUD 1945 NEGARA KITA.
  8. KONSTITUSIONAL REFORM, TUJUAN MEROMBAK UUD 1945 YANG TELAH DILAKUKAN MELALUI AMANDEMEN 1, 2 DAN 3. TUJUAN GERAKAN INI SECARA GLOBAL ADALAH DENGAN REFORMASI GLOBAL YAITU DENGAN MEMBANGUN ONE SINGLE GLOBAL SISTEM, SEHINGGA YANG PENTING BAGI MEREKA YANG DIPEGANG PIMPINAN NASIONAL PADA SUATU NEGARA TIDAK HARUS DIPEGANG OLEH MEREKA. TETAPI YANG PENTING YANG DIJALANKAN ADALAH KONSEPSI MEREKA. INILAH YANG DINAMAKAN BRAIN WASHING ATAU BRAIN STORMING.
  9. KESIMPULAN

BERDASARKAN URAIAN DI ATAS, RESTORASI HARUS MERUPAKAN PERJUANGAN POLITIK DENGAN TUJUAN YANG JELAS BERUPA SATU KONSEPSI PERJUANGAN POLITIK YANG HARUS TEPAT DASARNYA, TEPAT TUJUANNYA, TEPAT CARANYA, JIKA TIDAK KITA AKAN GAGAL DI TENGAH JALAN, DAN HARUS DILAKUKAN OLEH SELURUH RAKYAT INDONESIA YANG KOMPAK DAN MEMILIKI SATU MINDSET YAITU, KEMBALI KE UUD 1945 DENGAN TERLEBIH DAHULU MELAKUKAN RESTORASI TERHADAP HASIL AMANDEMEN OLEH KAUM REFORMIS.