Frederich Nietzsche berkata: “Saya sejak lama ingin hidup di kalangan kaum Muslim, khususnya ketika iman mereka kuat: dengan ini saya berharap bisa mengasah penilaian saya dan pandangan saya untuk menilai hal-hal kebaratan.”
Nietszche memberi pesan. Tentang indahnya kehidupan berada dalam lingkupan kaum muslimin. Tapi ketika masa keimanan kaum muslimin sangat kuat. Bukan di era modernis Islam kini. Karena kini aqidah muslimin, jamak dikooptasi kaum modernis dan Wahabbi. Mereka menggelontorkan aqidah, yang menurut Shaykh Abdalqadir as Sufi: “Tauhid yang mengerikan.” Tentu dengan dalih pemurnian Tauhid.
Matinya Filsafat Dan Kembalinya Ke Tassawuf
Nietszche terkagum dengan Goethe. Pujangga Jerman, yang lebih dulu menyatakan keislamannya. Shaykh Abdalqadir as Sufi, ulama besar dari Eropa, berfatwa, Goethe meninggal sebagai muslim. Karena Goethe jamak terkagum dengan Muhammad Saw.
Ian Dallas menyebut, pandangan spiritualitas Nietszche, jamak dipengaruhi oleh Goethe. Dan satu kalimat Goethe yang sangat penting untuk manusia modern. Goethe berkata, “Mustahil alam dipikirkan sebagai sebuah sistem, karena alam adalah kehidupan.”
Dari Goethe menuju Nietszche. Kita akan mendapati Martin Heidegger. Filosof Jerman abad 21. Heidegger menggambarkan kesesatan cara berpikir ala filsafat. “Filsafat tidak menemukan Kebenaran,” katanya. Karena Nietszche sebelumnya telah berkata: “Filsafat itulah berhala.”
Gambaran mereka menarik. Hingga kemudian kita mendapati ulama kesohor dari Eropa, Ian Dallas. Darinya kaum Barat bisa menemukan jawaban. Dallas menggambarkan tentang Islam-nya Goethe, sampai pentingnya Heidegger bagi kaum muslimin. Terutama kaum modernis Islam, yang jamak sibuk membebek pada Barat. Karena mereka telah membuat: “Filsafat telah mati.” Karena Nietszche lebih dulu mengatakan, “Tuhan telah mati.” Yang membunuh Tuhan, sejatinya adalah “filsafat”. Karena buah pikiran manusia itu. Dari Dallas, “Filsafat telah mati” menemukan jawaban: “kembalinya tassawuf”. Ini pertanda matinya filsafat, kembalinya Islam. Inilah yang disebut Nieszche sebagai “ketika keimanan muslimin menguat.” Karena dalam tassawuf itulah terjamin tentang aqidah Islam yang mumpuni. Bukan ‘Tauhid yang mengerikan’ ala modernis Islam dan kaum Wahabbi.
Perlawanan Terhadap Vox Rei Vox Dei
Dari kalimat Goethe, “Mustahil alam dipikirkan sebagai sebuah sistem…” menunjuk bantahan akan filsafat. Goethe hidup kala filsafat tengah menggeliat di Eropa. Kala Barat keranjingan filsafat. Goethe hidup seabad setelah Rene Descartes menebar virus “cogito ergo sum” di Barat. Jaman ketika Eropa berada dalam kungkungan dogma Gereja Roma. Adagium berkembang kala itu menggeliat “vox Rei vox Dei” (suara Raja suara Tuhan). Eropa terperangah dengan aqidah “jabarriya”-nya Gereja Roma. Gereja Roma menjadi penafsir tunggal ajaran Nasrani, yang wajib dipatuhi. Gereja dan Raja menjadi bak “ulama dan umara” yang memangku Eropa. Disitulah mencuat perlawanan akan kondisi kekuasaan. Karena pemaksaan “Vox Rei Vox Dei” tadi. Karena satu sisi, Raja jamak menyalahgunakan kekuasaan. Seolah memang itu segala-galanya datang dari Tuhan. Peristiwa pembantaian 2000 orang Huguenot di istana Raja Charles IX, raja Perancis, abad 16, makin memantik perlawanan terhadap ‘Vox Rei Vox Dei’.
Christopher Marlowe, dramawan Perancis, menggambarkan apik kejadian “genosida” karena perang agama masa itu. Dallas mengutipnya dalam kitabnya kesohor, “The Entire City” (telah terbit dalam bahasa Indonesia oleh penerbit Mahkamah).
Peristiwa ‘Massacre de Paris”, pembantaian 2000 orang lebih pengikut Protestan, yang dituduh bid’ah. Memunculkan semangat filsafat. Karena beragam pertanyaan mencuat, “Benarkah Raja tak pernah salah?” Benarkah Raja itu wakil Tuhan?” “Apakah perbuatan Raja itu dianggap ‘perbuatan Tuhan? Nah, tragedi itulah memantik kaum Eropa untuk “berpikir” ala filsafat. Copernicus memberikan bukti. Betapa dogma seolah tak boleh digeser. Pertarungan ‘Kebenaran’ ala Gereja dan kebenaran sains pun terjadi. Galileo memberikan lagi. Dan Bruno makin memantiknya. Tapi pembakaran dirinya di depan umum, makin membuat kaum Eropa jengah akan dogma. Ini terjadi ketika masa ‘Eropa Springs’. Ketika kaum Eropa sibuk berperang internal. Sementara jaman itulah muslimin tengah dalam ‘keimanan yang kuat,’ seperti kata Nietszche tadi. Itulah masa Daulah Utsmaniyya tengah dalam kejayaan. Tassawuf langgeng pesat di sana.
Francis Bacon lebih dulu mendobrak. Dia menteorikan dengan ‘being’. “Aku Ada (being) maka Aku Berpikir (thingking).” Segala sesuatu, harus bertitik tolak pada manusia. Dan inilah memang filsafat. Karena memang Socrates, Plato, Aristoteles mewariskannya. Masa rennaisance itulah, filsafat di-Kristen-kan. Sementara masa Mu’tazilah, filsafat seolah di-Islam-kan.
Rennaisance meluncurkan karena ekspor filsafat dari kaum Mu’tazilah. Masa ketika Islam dirundung kejayaan sains –anak kandung filsafat–, tapi runtuh secara kekuasaan. Karena jaman Mu’tazilah itulah muslimin kehilangan Al Quds sampai runtuhnya Andalusia. Di tengahnya, masa itu pula Khalifah Al Mu’tashim Billah ditangkap oleh Hulagu Khan. Itulah periode muslimin tanpa Khalifah. Masa interagnum pertama. Tapi untungnya aqidah berhasil terselamatkan. Karena ulama-ulama kembali bersuara. Paham filsafat dicegat mutakallimun, Imam Asy’ari, Imam Mathuridi dan ulama besar lainnya. Mereka membantai kesesatan filsafat dalam memahami Tuhan. Dan Imam Ghazali menyerang habis filsafat, “Tahafut al Falasifah”. Hingga kemudian memunculkan Shaykh Abdalqadir al Jilani, yang membawa kembali muslimin pada tassawuf. Inilah jalan aman untuk memahami Tuhan dan kehidupan dengan benar. Dari situlah lahir Sultan Salahuddin al Ayyubi sampai Daulah Utsmaniyya. Buah dari pengajaran tassawuf, menyingkirkan filsafat.
Tapi filsafat kemudian menyeberang ke Eropa. Di kutip Rennaisance. Thomas Aquinas memulainya. Dia mengutip ajaran Ibnu Rusyd. Aquinas menelorkan perlawanan atas dogma. Kitabnya, ‘Tweez Warden Theorie (teori dua belah pedang)”. Dia mengutip kebenaran ganda. Dulu masa Mu’tazilah, Al Farabi, guru kedua setelah Aristoteles, menelorkan tentang teori emanasi. Kebenaran ganda. Kebenaran ala filsafat dan kebenaran ala Wahyu. Aquinas mengenalkan teori itu pada Eropa. Maka seolah filsafat juga bisa menemukan ‘Kebenaran.’ Dengan teori ala Plato, “ide bawaan” atau ala Aristoteles, “akal bawaan”. Itulah seolah yang dianggap sebagai ‘kebenaran.’
Plato mengajar, segalanya tak bisa diterima begitu saja, sebelum diteorikan oleh akal manusia. Itu yang disebut ‘teori’. Masa Rennaisance, sama seperti era Mu’tazilah. Aqli didudukkan sejajar dengan naqli.
Tapi Descartes kemudian mengubahnya. Dia mengajar teori filsafat murni. Cartesius memaksa bahwa segala sesuatunya bisa dianggap kebenaran, jika telah melewati proses saringan akal manusia. “Filsafat adalah di mana manusia, Tuhan, dan alam semesta menjadi ajang penyelidikan manusia,” kata Descartes. Di sinilah racun itu kemudian mewabah.
Manusia menjadi sentral. Manusia menjadi objek yang mengamati. Bukan lagi objek yang diamati. Manusia pun mendefinisikan Tuhan. Menteorikan segala sesuatunya. Termasuk alam. Itu yang disebut dengan saintifik. Maka yang mencuat adalah kebenaran ala metafisika. Era itu yang kemudian memunculkan modernisme. Era modern, eranya filsafat. Segala sesuatunya harus melewati rasio manusia. Immanuel Kant makin membuat akrobat. Dengan meluncurkan teori empirisme. Hasil penyelidikan akal sekalipun, kata Kant, tak bisa diterima sebelum terbukti secara empiris. Maka, cara berpikir manusia pun makin terjerambab. Tapi manusia, sekali lagi, seolah-olah menjadi objek. Hingga Voltaire pun menelorkan kesombongannya, “Jika Tuhan menuntut ketundukan penuh, maka Tuhan adalah diktator, karenanya tak wajib dipatuhi”.
Mindset inilah yang mengundang Eropa tak lagi mematuhi “Vox Rei Vox Dei” tadi. Mereka melakukan perlawanan. Dogma seolah menjadi musuh bersama. Puncaknya berlangsung Revolusi Perancis, 1789. Ini antiklimaks dari kejadian ‘Masacre de Paris’, abad 16 lalu. Jika dulu, kaum Huguenot yang dibantai. Revolusi Perancis berbalik. Huguenot yang membantai pengikuti Gereja Roma. Raja Louis XVI digantung di depan Bastille. Gereja Roma disingkirkan. Alhasil muncul-lah teori baru soal kekuasaan. Merujuk dari teorinya Rosseau, le contract sociale. Hukum adalah lahir berlandaskan kesepakatan manusia. Kontrak bersama. Hukum bukan lahir dari pemaksaan dari Tuhan. Maka, sejak revolusi Perancis, manusia pun seolah berhak membuat hukum sendiri. Lahirlah konstitusi. Dan lahirlah yang disebut ‘modern state’.
Filsafat Berubah Menjadi Dogma
Tentu itu merujuk pada filsafat. Bahwa seolah, manusia menjadi sentral. Dengan ‘akal bawaan’, manusia wajib melakukan penilaian. ‘akal bawaan’ seolah menjadi sentral “kebenaran”. Makanya memunculkan rasionalitas, sebagai ajang ‘pembenaran.’ Masa Rennaisance, aqli masih disejajarkan dengan naqli. Tapi modernitas, naqli di eliminasi. Filsafat tak lagi mengakui kebenaran ala naqli. Inilah ajaran Dercartes sampai Kant. Yang kemudian diikuti Bohr, Newton sampai Marx. Maka disitulah era, “segala sesuatunya adalah materi,” menjadi dogma baru. Filsafat berubah menjadi “dogma” yang wajib dipatuhi dan harus diakui. Masa Mu’tazilah dulu, filsafat melahirkan dogma bahwa Alquran adalah makhluk. Sesiapa yang tak mempercayainya, maka dihukum. Maka para Khalifah, yang terjerumus Mu’tazilah, pun melaksanakan hukuman.
Modernitas melahirkan ‘dogma’ teknikal state. Ini wajib dipatuhi. Sesiapa yang menentang, dianggap ekstrimis. Jadi ini memang menjadi karakteristika filsafat. Pemaksaan. Filsafat bukanlah ajang berpikir. Melainkan ajang pemaksaan kehendak.
Karena filsafat memaksa, bahwa kehendak seolah berada di tangan manusia. Ini yang dulu digambarkan Imam al Ghazali, ketika menyerang filsafat-nya kaum Mu’tazilah. Imam Ghazali mengatakan, qudrah dan iradah itulah berada di area Tuhan. bukan manusia. Sementara filsafat, dengan “akal bawaan” atau “ide bawaan”, manusia seolah yang memiliki daya dan kehendak. Di sinilah, yang menurut Imam Ghazali, kesesatan dari filsafat dan filosof itu.
Filsafat meyakini bahwa segala sesuatunya memiliki permulaan. Itu yang disebut teori kausalitas. Sebab akibat. Imam Ghazali memberi contoh. Ketika air bertemu api, maka menjadi panas. Filsafat yang “berpikir”, bahwa yang memanaskan air menjadi uap itu adalah api. Sehingga seolah daya dan kehendak itu, berada di tangan manusia, yang memantik api dan memanaskan air. Hingga uap pun terjadi.
Padahal bukan. Air, api, uap, itu merupakan ciptaan Allah Swt. Imam Ghazali menggambarkan, Allah Swt menciptakan air, api, dan uap, berikut dengan sifat-sifatnya. Bukan sekedar materinya belaka. Sifat air, tentu mengalir dan jika bertemu dengan sifat api yang panas, akan memunculkan uap. Ini bagian dari ‘kehendak dan daya-Nya Allah Swt. Manusia hanya menjalankan semata. bukan “menemukan” kehendak dan daya itu. Jadi, panasnya air karena api itu, bukan disebabkan oleh api yang membakar. Melainkan sifat air dan sifat api yang saling bertemu. Dan semua benda, Allah Swt ciptakan berikut dengan sifat-sifatnya. Dan itu tak dipisahkan dari benda tersebut.
Jadi keliru jika manusia “dengan akalnya” seolah yang berhasil menciptakan air yang panas, disebabkan oleh api yang membakar. Melainkan kehendak dan daya itu tetap berada pada Qudrah dan Iradah-Nya Allah Swt.
Dan Allah Swt bisa dengan mudah mengubah sifat api. Tak selamanya panas. Ketika Ibrahim As dibakar, Allah memerintahkan Malaikat untuk mengubah sifat api. Alhasil api menjadi dingin. Jadi yang menjaga pengaturan alam semesta ini, tentu Malaikat yang bertugas atas perintah Allah Swt.
Nah, “cogito ergo sum” seolah mengajarkan bahwa manusia harus memikirkan segala sesuatunya dalam rasionya, baru bisa dianggap sebagai “Kebenaran.” Inilah yang disebut Martin Heidegger sebagai kekeliruan. “Sains tidak berpikir,” katanya dalam ‘Being and Time’.
Modernitas Tak Lagi Melahirkan ‘Kebenaran’
Modernisme melahirkan manusia terjerambak pada ‘sistem’. Bahwa dengan rasionalitas tadi, seolah alam merupakan sebuah sistem. Ini yang ditampik Goethe. Dan Nietszche pun menampik Socrates. “Bagaimana mungkin bahagia itu bersumber dari berpikir,” katanya. Karena memang filosof memaksa, bahwa sumber ‘bahagia’ bagi diri manusia, adalah memenuhi fakultas akal. Fakultas rasio. Di sinilah problematikanya.
Modernitas membuat manusia terjebak pada ‘teknikal state’, yang muncul dari saintisme kekuasaan. Manusia terjerambab pada konstitusionalisme, yang seolah menjadi panduan. Itulah modernis Islam, yang meletakkan Alquran sebagai konstitusi. Sebuah kegilaan tersendiri.
Karena modernitas melahirkan manusia seolah bisa mencipta dan membuat. Graham Bell seolah sebagai “pencipta” telepon. Makanya dia layak diberi materi. James Watt dianggap “pencipta” mesin uap. Dari sinilah muncul copy right. Dan manusia pun terjerambab pada halusinasi qudrah dan iradah yang seolah berasal dari manusia. Bukan Tuhan. Alhasil yang muncul adalah peradaban “teknikal state”. Ini yang disebut Ernst Junger sebagai “gestalt”. Karena manusia berubah menjadi buruh bagi yang lainnya. Karena “pencipta” terdahulu berubah menjadi majikan. Mereka-lah pemegang copy right, yang seolah tak boleh digeser. Inilah dogma baru yang menyesatkan. Dan puncak dari pemegang copy right teratas, itulah para bankir. Mereka mencap seolah sebagai pemegang tunggal pencetak uang. Uang kertas. Di luar mereka, maka tidak diijinkan mencetak uang, alat tukar bagi manusia di seluruh dunia. Bahkan, Presiden suatu negara, tidak diperkenankan mencetak uangnya sendiri. Inilah sihir rasionalitas, yang membuat manusia terjerambab pada penjara khurafat.
Karena filsafat membuat manusia seolah tak lagi percaya pada fitrah. Suatu aturan yang datang dari Allah Swt. Filsafat mengubah manusia menjadi khurafat. “Filsafat tak bisa menemukan Kebenaran,” kata Heidegger. “Ma’rifatullah itulah berpikir,” ujar Shaykh Umar Vadillo, ulama dari Spanyol.
Di sinilah kita menemukan sumber kebahagiaan sejati. Plato mengajarkan, tiga unsur dalam manusia: akal (kepala), kehendak (dada) dan nafsu (perut). Akal itulah puncak yang mengatur. Dari situlah filsafat. Dan, kehendak, lahir dari buah pikiran akal. Itulah teori filosof illahiyyun.
Shaykh Abdalqadir as Sufi menggambarkan, modernitas ini telah melahirkan peradaban yang menghilangkan nalar (rasionalitas), dan tak bernilainya segala sesuatu yang penting, telah mendominasi pemikiran, pengajaran dan perilaku.”
Ini menggambarkan bahwa modernitas tak lagi melahirkan ‘kebenaran’ ala akal sekalipun. Kehendak, bukan lagi datang dari rasionalitas (akal), seperti gambaran Plato. Post modernitas, melahirkan ‘kehendak’ yang disetir oleh nafsu. Nafsu manusia berada pada puncak. Bukan lagi akal sebagai puncak. Alhasil melahirkan perabadan syahwati.
Hilangnya Kebenaran Materil dan Lahirnya Kemenangan Materil
Dalam bidang hukum, Lawrence Freidmann menggambarkan, hukum masa abad 20 ke atas, tidak lagi dibuat oleh para pemikir hukum, agamawan dan lainnya. Melainkan dibuat oleh praktisi hukum. Inilah hukum demi kepentingan syahwati. Hukum yang melahirkan kepentingan nafsu belaka. Alhasil tak lagi tercipta “kebenaran materil.” Pengadilan ala rechstaat, yang teorinya merupakan wadah untuk mencari kebenaran materil, kini tak lagi terjadi. Karena pencari keadilan memiliki target baru: mencari kemenangan materil. Bukan lagi ‘kebenaran materil.’ Inilah buah dari khurafatnya filsafat.
Karena memang Imam Ghazali telah mengingatkan, “sesungguhnya akal tak dijamin dari kesalahan. Maka tak dibenarkan mengambil hakekat ajaran agama darinya”. Inilah yang dijawab Nietszche, “Filsafat itulah berhala.”
Jalan tassawuf itulah jawaban atas kesesatan filsafat. Tubuh manusia bukan terdiri dari akal, kehendak dan nafsu. Melainkan dari qalbu, akal dan nafsu. Qalbu itulah sebagai raja. Kepala. Pengendali atas tubuh. Dan qalbu ini akan tersingkap dengan ma’rifatullah. Pemahaman tentang Allah Swt dengan benar. Inilah jalan tassawuf. Di situlah akan tersingkap syariat (jalan besar) dan tariqah (jalan kecil). Inilah jalur menuju Kebenaran. Dan kebahagiaan, kata Imam Ghazali, adalah dengan memenuhi asupan pada fakultas qalbu. Bukan fakultas nafsu. Dan metode itu tersimpan rapi dalam pengajaran tassawuf, dari guru-guru yang memiliki sanad sahih, sebagaimana turun temurun dari pengajaran Rasulullah Saw. Inilah jalan selamat dari gerusan “teknikal state” yang melahirkan “gestalt” seperti kata Junger tadi.
Penulis: Irawan Santoso Shiddiq
Note:
Disosialisasikan kembali dan diedit (tanpa merubah isi) dari sumber: https://mahkamah.co.id/khurafat-filsafat
Sumber gambar: https://catatan.nahrowi.com/2021/07/29/the-thinker-patung-berpikir-di-paris-simbol-filsafat-ilmu-pengetahuan/