IKUTI KAMI DI MEDIA SOSIAL
IKUTI KAMI DI MEDIA SOSIAL

misteri di candi cetho

Candi Cetho terletak di lereng Gunung Lawu, berada di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, pada ketinggian 1400 m di atas permukaan laut.
gbr
gbr
Dilihat dari bentuknya, Candi Cetho tidak seperti candi-candi lain yang ada di Indonesia, tapi justru mirip dengan candi-candi yang ada di peradaban bangsa Inca, Maya di Amerika Latin.
gbr
gbr
Beberapa arkeolog Indonesia mengatakan bahwa Candi Cetho dibuat pada Jaman Majapahit, tepatnya pada saat pemerintahan Prabu Brawijaya ke V. Jika memang demikian maka ada banyak keganjilan yang patut dipertanyakan.
Antara lain, batu candi yang terbuat dari batu kali,padahal pada era Majapahit, batu candi dibuat dari batu bata merah.Kemudian, dilihat dari bentuk relief di Candi Cetho, tingkat presisi dan kerapian pemahatannya
masih sangat sederhana. Tidak seperti di era Majapahit yang jauh lebih detail menggambarkan figur-figur patung ataupun relief.
Hal ini mengindikasikan usia Candi Cetho yang lebih tua dari era Majapahit.
Demikian juga patung-patung yang ada di Candi Cetho banyak menunjukkan hal-hal yang jauh lebih tua dari jaman Majapahit.
Ada beberapa patung yang tidak menggambarkan orang Jawa
yang ada pada masa itu, patung tersebut justru lebih mirip dengan sosok orang Sumeria.
Padahal kebudayaan Sumeria dikatakan sebagai kebudayaan tertua di dunia.
gbr
gbr
Dari sisi wajah dan potongan rambut tidak menunjukkan orang Jawa tetapi justru memiliki kesamaan dengan orang Sumeria, Viking, Romawi, atau Yunani. Namun dari sisi pembentukan mata sangat identik dengan patung Sumeria.
gbr
gbr
Bila diperhatikan dari sisi perhiasan, untuk telinga biasanya orang Jawa menggunakan Sumping, sedangkan pada patung ini hanya menggunakan anting-anting.
Pada lengan tangan biasanya menggunakan kelat bahu dan pada patung ini tidak, juga pergelangan tangan orang Jawa biasanya memakai gelang keroncong, tetapi pada patung ini terlihat menggunakan gelang yang sangat mirip dengan jam tangan, gelang sejenis ini merupakan gelang ciri khas dari daerah Sumeria.
gbr
gbr
gambar dari orang Sumeria yang bisa di ambil dari internet. Dalam gambar tersebut terlihat bahwa bentuk perhiasan mirip seperti yang terlihat di
patung yang ada di Candi Cetho. Kebiasaan di Sumeria, perhiasan berupa gelang yang menyerupai jam hanya digunakan oleh mereka yang dari kalangan bangsawan dan ksatria.
Begitu juga dengan bentuk mahkota rambut dan jenggot yang mirip, dari sisi cara berpakaian agak lain dengan yang di gambar ini. Bentuk
mata sangat mirip, karena digambarkan mata yang besar dan lebar.
gbr
gbr
Bila kita perhatikan lebih jauh, mengapa ada patung yang pada dasarnya sangat mirip dengan
orang Sumeria yang ada di Candi Cetho. Sedangkan orang Sumeria yang menggunakan
pakaian seperti itu menurut literatur ada di jaman 3000 – 4000 tahun sebelum Masehi. Kalau
mereka dikatakan manusia pertama yang mempunyai peradaban dan tata sosial yang sudah
bagus, mengapa mereka menyembah dan kelihatan takluk di Candi Cetho ?.
Jadi apakah bangsa kita tidak ada peradaban pada waktu itu ataukah peradaban kita sudah lebih maju dari mereka ?
Selain kaitannya dengan orang Sumeria, pada relief di Candi Cetho tergambar sosok prajurit Jawa di mana gambar tersebut juga terdapat di relief yang ada di Villahermosa, Mexico.
gbr
gbr
Sekali lagi kita perhatikan, patung yang patut diduga adalah sosok dari orang Sumeria yang berada di Candi Cetho dengan sebuah relief yang berada di Monte Alban, Qaxaca, Mexico yang menunjukkan sebuah kemiripan.
gbr
gbr
Pada kedua gambar di atas, sama-sama tergambar sosok yang sedang dalam ketakutan, takluk dan menyembah atau menghormati.
Adakah hubungan peradaban bangsa kita dengan peradaban bangsa Maya Inca di Amerika Latin dalam menghadapi bangsa Sumeria ?

Bagikan ya

Leave a Reply